DuoDrip: il filtro per una doppia sensazione (in indonesiano)
28 Giugno 2016 | majalah otten coffee magazine (indonesia)

DuoDrip: il filtro per una doppia sensazione (in indonesiano)


Penemuan demi penemuan terjadi di dunia kopi demi mewujudkan pencarian ‘cita rasa’ yang memuaskan penikmatnya.

HAL ini juga terjadi pada kelas pour over manual brew dengan lahirnya The Duodrip Filters. Penetes kopi yang berbentuk kerucut dan terbuat dari metal secara dua lapis ini digadang-gadang akan memberikan cita rasa yang berbeda saat digunakan untuk menyeduh kopi.

Berbeda dengan pendahulunya seperti V60, Kalita Wave, Flat Bottom, Smart Dripper, Chemex, Kone, Kono, Bonavita Porcelain Dripper dan lain-lain, filter metalyang satu ini dengan menonjol mengusung tema ‘double’. Di sini proses penyaringan kopi terjadi dua kali. Tentunya kedua filter ini memiliki tingkat kehalusan lubang mikroskopik berbeda. The Duodrip Filters adalah dua filter dengan ukuran penyaring berbeda yang disangga oleh metal filter holder yang bisa disesuaikan jaraknya. Filterbagian atasnya adalah wire mesh filtersedangkan filterbagian bawahnya adalah ultrafine metal filter.

Credit : dailynewscoffee

Credit : dailynewscoffee

Penemunya percaya bahwa The Duodrip Filters memungkinkan barista atau penikmatkopi profesional ‘menemukan’ notes yang ‘ajaib’ dengan bereksperimen dengan filterciptaannya. The Duodrips ini juga bisa dipakai dalam dua cara  yaitu satu filterdandouble filters. Sesuai keinginan dan kebutuhan dari penggunanya. Pemakaian satu dripperatau double dripper tentunya menonjolkan catatan rasa berbeda. Penggunakan satu ataupundouble filterssama sekali menghasilkan rasa yang tidak identik. Hal ini yang membuat tim penemu The Duodrip Filters optimes bahwa alat seduh manual ini bisa diterima para penikmat kopi dunia.

Lalu siapa yang menciptakan The Duodrip Filters ini? The Doubledrip Filters dicipatakan oleh seorang barista asal Italia Davide Berti. Davide Berti adalah peraih dua kali berturut-turutItalian Coffee in Good Spirits Championship dan juga 2015 World Cezve Ibrik Championship. Dengan passion dan pengalamannya yang sudah malang melintang di dunia kopi terciptalah The Duodrip Filters yang diharapkannya menjadi sebuah ‘jawaban’ atas pencarian cita rasa tertentu di kelas manual brew pour over. Untuk beberapa jenis single origin di level roasttertentu, kopi yang diseduh dengan The Duodrip Filters mampu menghasilkan aroma buah, rempah dan herbal yang kaya. Ah, jadi tak sabar pengin seduh dengan alat kopi ini juga ya.

Credit : dailynewscoffee

Credit : dailynewscoffee

Sekarang ini The Duodrip Filters telah diproduksi di EDO Barista, yaitu sebuah perusahaan yang tahun lalu didirikan sebagai wadah yang berdedikasi mengembangkan dan mendistribusikan alat-alat untuk barista dan penikmat kopi profesional. The Duodrip Filters sudah diluncurkan ke publik pada akhir Maret 2016 di Shanghai International Hospitality Equipment & Supply Expo. Dan untuk yang ingin memilikinya, silakan menghubungi Nuova Ricambi karena mereka adalah distribusi resmi alat ini. Kira-kira di Indonesia sudah ada belum ya?


Scarica l'articolo
Condividi con

Archivio

2017


2016


2015


2014


2012

10 Agosto 2012
PRESSINO DINAMOMETRICO
il Caffè Espresso Italiano
28 Febbraio 2012
The driving forces behind a championship!
specialtycoffee.nl

2011


2010

07 Novembre 2010
La Marzocco: out of the box 2011
lamarzoccousa.com

2009


2008